Tujuan Sekolah

Tujuan Sekolah

Berorientasi terhadap visi dan misi, tujuan SMAN 1 Uan tertuang dalam tujuan jangka pendek, jangka menengah dan jangka Panjang sebagai berikut:


Perencanaan Jangka Pendek (satu tahun)

 

·      Terselenggaranya kurikulum sekolah penggerak sebagai wujud merdeka belajar.

·      Membentuk insan yang bertaqwa yang memegang teguh ajaran agama yang dianutnya melalui kegiatan intrakurikuler, kokurikuler dan ekstra kurikuler.

·      Mengintegrasikan Profil Pelajar Pancasila ke dalam seluruh aktivitas sekolah baik intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler.

·      Menghasilkan perangkat kurikulum yang lengkap, mutakhir, dan berwawasan lingkungan serta berorientasi masa depan.

·      Menghasilkan sistem Assesmen yang otentik melalui sistem asesmen yang baik.

·      Mengembangkan potensi peserta didik dalam bidang seni dan olah raga.

·      Menjadikan asesmen sebagai alat untuk memfasilitasi kebutuhan karakteristik peserta didik untuk belajar serta menjadikan alat untuk selalu memperbaiki proses pembelajaran yang dilakukan yang berorientasi pada kebutuhan dan karakteristik peserta didik.

·      Menjadikan pembelajaran yang berorientasi pada kebutuhan dan karakteristik peserta didik dan menjadikan peserta didik menjadi pusat pembelajaran.

·      Menumbuhkembangkan rasa kebhinekaan global melalui penanaman pemahaman akan bahaya Bullying, tindak kekerasan, rokok dan narkoba.

·      Menghasilkan diversifikasi kurikulum agar relevan dengan kebutuhan, yaitu kebutuhan peserta didik, keluarga, dan berbagai sektor pembangunan serta sesuai dengan karakteristik SMAN 1 Utan.

·      Menghasilkan Modul Ajar yang menarik, mudah dipahami, berorientasi pada karakteristik peserta didik dan mengintegrasikan pembelajaran kecakapan abad 21, muatan lingkungan, dan berkebhinekaan.

·      Menghasilkan Modul Ajar P5 yang terintegrasi dengan tema yang beririsan lintas mata pelajaran guna meningkatkan kualitas pembelajaran

·      Menghasilkan sistem pembelajaran yang terencana baik

·      Mengembangkan sarana dan jaringan TIK untuk pembelajaran menuju digitalisasi sekolah

 


Perencanaan Jangka Menengah (empat tahun)

 

·      Peningkatan Program Pembinaan Keimanan dan Ketakwaan siswa melalui kegiatan-kegiatan agama yang lebih intensif, seperti pengajian, tausyiah, dan lain-lain serta memperkuat kerjasama dengan lembaga keagamaan untuk menyelenggarakan kegiatan yang mendalamkan pemahaman agama siswa.

·      Mengintegrasikan Profil Pelajar Pancasila ke dalam kurikulum dengan lebih menyeluruh. Setiap mata pelajaran dan kegiatan sekolah akan mencerminkan nilai-nilai Pancasila, baik dalam konten pembelajaran maupun praktik sehari-hari. Ini akan melibatkan pengembangan modul dan pelatihan bagi guru untuk menerapkan pendekatan tersebut.

·      Mengembangkan kurikulum yang lebih berwawasan lingkungan dengan menambahkan mata pelajaran dan kegiatan yang berkaitan dengan isu-isu lingkungan, seperti pengelolaan sampah, energi terbarukan, dan konservasi alam. Melibatkan siswa dalam proyek-proyek lingkungan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian mereka terhadap lingkungan.

·      Meningkatkan sistem asesmen yang otentik dengan menggabungkan berbagai bentuk asesmen, termasuk portofolio siswa, penilaian proyek, dan penilaian kinerja. Melibatkan siswa dalam proses penilaian, memfasilitasi umpan balik yang konstruktif, dan memberikan kesempatan bagi mereka untuk merefleksikan kemajuan dan perkembangan pribadi mereka.

·      Mengembangkan program seni dan olahraga yang lebih beragam dan komprehensif. Menambahkan pilihan kegiatan ekstrakurikuler dalam bidang seni, seperti musik, seni rupa, dan teater, serta meningkatkan fasilitas olahraga dan program kegiatan yang berkaitan dengan olahraga. Hal ini bertujuan untuk mengembangkan potensi kreativitas dan fisik siswa secara lebih optimal.

·      Melaksanakan program-program yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran siswa terhadap pentingnya kebhinekaan global, meliputi kegiatan pengenalan bahaya bullying, tindak kekerasan, rokok, dan narkoba, serta mengadakan seminar, lokakarya, dan kegiatan sosial untuk mempromosikan kerjasama antarbudaya dan menghormati perbedaan.

·      Mengembangkan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan peserta didik, keluarga, dan sektor pembangunan. Melakukan evaluasi berkala terhadap kebutuhan siswa dan menciptakan program-program khusus yang mendukung perkembangan potensi mereka, seperti program yang berkaitan dengan kebutuhan lokal.

·      Melakukan pengembangan sarana dan jaringan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk pembelajaran dan administrasi sekolah melalui peningkatan akses dan kualitas infrastruktur TIK, menyediakan perangkat dan perangkat lunak yang mutakhir, serta melibatkan siswa dalam penggunaan teknologi secara efektif dalam proses pembelajaran dan pengelolaan administrasi sekolah.

 



Perencanaan Jangka Panjang (delapan tahun)

 

·      Pengembangan Program Pembinaan Keimanan dan Ketakwaan yang lebih komprehensif yang meliputi peningkatan kegiatan keagamaan serta terus menjalin kerjasama dengan lembaga keagamaan dan komunitas untuk memperluas wawasan keagamaan siswa.

·      Penguatan Integrasi Profil Pelajar Pancasila ke dalam seluruh aspek kehidupan sekolah, termasuk dalam kurikulum, kegiatan ekstrakurikuler, dan tata nilai sekolah melalui pelatihan bagi guru dan staf untuk memastikan implementasi yang konsisten dan mendalam.

·      Inovasi Kurikulum Berwawasan Lingkungan dengan menambahkan muatan pada mata pelajaran dan kegiatan yang berkaitan dengan keberlanjutan, perubahan iklim, dan perlindungan lingkungan serta mendorong siswa untuk terlibat dalam proyek-proyek lingkungan yang berdampak positif pada masyarakat dan lingkungan sekitar.

·      Pengembangan Sistem Asesmen yang Holistik dengan memperkuat penilaian formatif dan sumatif, serta memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan portofolio pribadi yang mencerminkan perkembangan mereka dalam berbagai aspek, termasuk akademik, karakter, dan keterampilan.

·      Peningkatan Program Seni dan Olahraga dengan meningkatkan fasilitas dan sumber daya untuk seni dan olahraga, serta melibatkan siswa dalam kompetisi, pertunjukan, dan pameran seni yang melibatkan masyarakat. Menjalin kemitraan dengan lembaga dan komunitas seni untuk mengembangkan bakat siswa.

·      Terus meningkatkan kesadaran kebhinekaan global melalui kegiatan sosial, seminar, dan pertukaran budaya. Memperluas kerjasama dengan sekolah dan organisasi di luar sekolah untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang keanekaragaman budaya dan pentingnya hidup dalam harmoni.

·      Diversifikasi kurikulum untuk menjawab tuntutan masa depan dengan mengadaptasi kurikulum yang sesuai perkembangan zaman dan tuntutan masa depan.

·      Terus mengembangkan infrastruktur TIK sekolah dan memperbarui perangkat keras dan perangkat lunak, menyediakan akses internet yang cepat dan stabil, serta memberikan pelatihan kepada guru dan staf dalam penggunaan teknologi pendidikan.