Berorientasi terhadap visi dan misi, tujuan SMAN 1 Uan
tertuang dalam tujuan jangka pendek, jangka menengah dan jangka Panjang sebagai
berikut:
Perencanaan Jangka Pendek (satu
tahun)
|
·
Terselenggaranya
kurikulum sekolah penggerak sebagai wujud merdeka belajar. ·
Membentuk
insan yang bertaqwa yang memegang teguh ajaran agama yang dianutnya melalui
kegiatan intrakurikuler, kokurikuler dan ekstra kurikuler. ·
Mengintegrasikan
Profil Pelajar Pancasila ke dalam seluruh aktivitas sekolah baik
intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler. ·
Menghasilkan
perangkat kurikulum yang lengkap, mutakhir, dan berwawasan lingkungan serta
berorientasi masa depan. ·
Menghasilkan
sistem Assesmen yang otentik melalui sistem asesmen yang baik. ·
Mengembangkan
potensi peserta didik dalam bidang seni dan olah raga. ·
Menjadikan
asesmen sebagai alat untuk memfasilitasi kebutuhan karakteristik peserta
didik untuk belajar serta menjadikan alat untuk selalu memperbaiki proses
pembelajaran yang dilakukan yang berorientasi pada kebutuhan dan
karakteristik peserta didik. ·
Menjadikan
pembelajaran yang berorientasi pada kebutuhan dan karakteristik peserta didik
dan menjadikan peserta didik menjadi pusat pembelajaran. ·
Menumbuhkembangkan
rasa kebhinekaan global melalui penanaman pemahaman akan bahaya Bullying,
tindak kekerasan, rokok dan narkoba. ·
Menghasilkan
diversifikasi kurikulum agar relevan dengan kebutuhan, yaitu kebutuhan
peserta didik, keluarga, dan berbagai sektor pembangunan serta sesuai dengan
karakteristik SMAN 1 Utan. ·
Menghasilkan
Modul Ajar yang menarik, mudah dipahami, berorientasi pada karakteristik
peserta didik dan mengintegrasikan pembelajaran kecakapan abad 21, muatan
lingkungan, dan berkebhinekaan. ·
Menghasilkan
Modul Ajar P5 yang terintegrasi dengan tema yang beririsan lintas mata
pelajaran guna meningkatkan kualitas pembelajaran ·
Menghasilkan
sistem pembelajaran yang terencana baik ·
Mengembangkan
sarana dan jaringan TIK untuk pembelajaran menuju digitalisasi sekolah
|
Perencanaan Jangka Menengah (empat
tahun)
|
·
Peningkatan
Program Pembinaan Keimanan dan Ketakwaan siswa melalui kegiatan-kegiatan
agama yang lebih intensif, seperti pengajian, tausyiah, dan lain-lain serta memperkuat
kerjasama dengan lembaga keagamaan untuk menyelenggarakan kegiatan yang
mendalamkan pemahaman agama siswa. ·
Mengintegrasikan
Profil Pelajar Pancasila ke dalam kurikulum dengan lebih menyeluruh. Setiap
mata pelajaran dan kegiatan sekolah akan mencerminkan nilai-nilai Pancasila,
baik dalam konten pembelajaran maupun praktik sehari-hari. Ini akan
melibatkan pengembangan modul dan pelatihan bagi guru untuk menerapkan
pendekatan tersebut. ·
Mengembangkan
kurikulum yang lebih berwawasan lingkungan dengan menambahkan mata pelajaran
dan kegiatan yang berkaitan dengan isu-isu lingkungan, seperti pengelolaan
sampah, energi terbarukan, dan konservasi alam. Melibatkan siswa dalam
proyek-proyek lingkungan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan
kepedulian mereka terhadap lingkungan. ·
Meningkatkan
sistem asesmen yang otentik dengan menggabungkan berbagai bentuk asesmen,
termasuk portofolio siswa, penilaian proyek, dan penilaian kinerja. Melibatkan
siswa dalam proses penilaian, memfasilitasi umpan balik yang konstruktif, dan
memberikan kesempatan bagi mereka untuk merefleksikan kemajuan dan
perkembangan pribadi mereka. ·
Mengembangkan
program seni dan olahraga yang lebih beragam dan komprehensif. Menambahkan
pilihan kegiatan ekstrakurikuler dalam bidang seni, seperti musik, seni rupa,
dan teater, serta meningkatkan fasilitas olahraga dan program kegiatan yang
berkaitan dengan olahraga. Hal ini bertujuan untuk mengembangkan potensi
kreativitas dan fisik siswa secara lebih optimal. ·
Melaksanakan
program-program yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran siswa terhadap
pentingnya kebhinekaan global, meliputi kegiatan pengenalan bahaya bullying,
tindak kekerasan, rokok, dan narkoba, serta mengadakan seminar, lokakarya,
dan kegiatan sosial untuk mempromosikan kerjasama antarbudaya dan menghormati
perbedaan. ·
Mengembangkan
kurikulum yang relevan dengan kebutuhan peserta didik, keluarga, dan sektor
pembangunan. Melakukan evaluasi berkala terhadap kebutuhan siswa dan
menciptakan program-program khusus yang mendukung perkembangan potensi
mereka, seperti program yang berkaitan dengan kebutuhan lokal. ·
Melakukan
pengembangan sarana dan jaringan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
untuk pembelajaran dan administrasi sekolah melalui peningkatan akses dan
kualitas infrastruktur TIK, menyediakan perangkat dan perangkat lunak yang
mutakhir, serta melibatkan siswa dalam penggunaan teknologi secara efektif
dalam proses pembelajaran dan pengelolaan administrasi sekolah.
|
Perencanaan Jangka Panjang (delapan
tahun)
|
·
Pengembangan
Program Pembinaan Keimanan dan Ketakwaan yang lebih komprehensif yang
meliputi peningkatan kegiatan keagamaan serta terus menjalin kerjasama dengan
lembaga keagamaan dan komunitas untuk memperluas wawasan keagamaan siswa. ·
Penguatan
Integrasi Profil Pelajar Pancasila ke dalam seluruh aspek kehidupan sekolah,
termasuk dalam kurikulum, kegiatan ekstrakurikuler, dan tata nilai sekolah
melalui pelatihan bagi guru dan staf untuk memastikan implementasi yang
konsisten dan mendalam. ·
Inovasi
Kurikulum Berwawasan Lingkungan dengan menambahkan muatan pada mata pelajaran
dan kegiatan yang berkaitan dengan keberlanjutan, perubahan iklim, dan
perlindungan lingkungan serta mendorong siswa untuk terlibat dalam
proyek-proyek lingkungan yang berdampak positif pada masyarakat dan lingkungan
sekitar. ·
Pengembangan
Sistem Asesmen yang Holistik dengan memperkuat penilaian formatif dan sumatif,
serta memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan portofolio pribadi
yang mencerminkan perkembangan mereka dalam berbagai aspek, termasuk akademik,
karakter, dan keterampilan. ·
Peningkatan
Program Seni dan Olahraga dengan meningkatkan fasilitas dan sumber daya untuk
seni dan olahraga, serta melibatkan siswa dalam kompetisi, pertunjukan, dan
pameran seni yang melibatkan masyarakat. Menjalin kemitraan dengan lembaga
dan komunitas seni untuk mengembangkan bakat siswa. ·
Terus
meningkatkan kesadaran kebhinekaan global melalui kegiatan sosial, seminar,
dan pertukaran budaya. Memperluas kerjasama dengan sekolah dan organisasi di
luar sekolah untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang keanekaragaman budaya
dan pentingnya hidup dalam harmoni. ·
Diversifikasi
kurikulum untuk menjawab tuntutan masa depan dengan mengadaptasi kurikulum yang
sesuai perkembangan zaman dan tuntutan masa depan. ·
Terus
mengembangkan infrastruktur TIK sekolah dan memperbarui perangkat keras dan
perangkat lunak, menyediakan akses internet yang cepat dan stabil, serta
memberikan pelatihan kepada guru dan staf dalam penggunaan teknologi
pendidikan. |
Rolax Fellan
November 25, 2021 at 09:00 amIt is a long established fact that a reader will be distracted by the readable content of a page when looking at its layout. The point of using.
ReplyDaile Cane
November 25, 2021 at 09:00 amIt is a long established fact that a reader will be distracted by the readable content of a page when looking at its layout. The point of using.
Reply